Untuk Dicoba

Analisis Ulangan Dengan Microsoft Excel

Share on :
Analisis Ulangan Dengan Microsoft Excel - Temen-temen pernah ada yang ngeluh. Katanya bikin analisis hasil ulangan ribet banget, padahal wajib dibikin. Saya pernah nyaranin pake SPSS atau Anates. Bagi beberapa temen, ngedapatin aplikasi SPSS susah bgt katanya. Dikasih, eh masih ngeluh, susah pakenya. Rupanya, kalo pake software yg gak familiar, mereka males. Malah pilih yang corat-coret pake pensil. Banyak salahnya lagi.. ape deh.
Belakangan aku coba saranin juga software kecil – bagus , Anates. Aku peragain cara pakenya juga. Ternyata mereka tertarik. Terus beberapa kali mereka pake . Akhirnya masih ngeluh juga. Print out nya jelek, katanya. Wkwkwkwkwk. Apa sih maunya ni orang….maunya aja gede tapi usahanya minim.
Sambil ngeledekin tuh temen, iseng aku coba-coba bikin analisis hasil ulangan, kebetulan juga dimarahin mulu sama bos di sekolah; gak pernah bikin analisis soalnya (hehehe). Eh ternyata bener apa kata temen. Ribet banget bikin analisis ternyata. Coba pake SPSS, eh lupa softwarenya gak punya. Coba lagi pake Anates. Bener juga temenku. Print outnya jelek. Kepikiran juga akhirnya. Gimana caranya bikin analisis yang gampang, print outnya juga cakep.
Kali ini malah temenku yang ngasih saran, pake Excell jang, katanya. Kan di Exxcell banyak fungsi-fungsi yang bisa dipake, katanya lagi. Baru kali ini aku muji temenku. Keren lue bisa bikin analisis pake excell. Mana minta filenya euy… hehe pucuk di cinta ulam pun tiba. Eeeh si dodol yang dia kasih cuma file biasa. Dia ngitung2 dulu pake kalkulator trus diketik.
Satu malem aku coba bikin, penasaran soialnya. Masa iya pake Excell gak bisa bikin analisis otomatis – pake formula. Ternyata memang bisa. Bukan hanya kalkulasinya saja yang bisa dikerjain pake excell tapi juga sampai tahap print out juga bisa diotomatiskan. Selain kalkulasi, biasanya ngatur layout bwt print out juga agak lama. Tapi dengan beberapa formula dan macro, ternyata semua bisa dilakukan otomatis.
Ceritanya aku mau berbagi dengan temen-temen guru. File excell ini aku kasih sukarela. Cuma, pengerjaannya baru 70%. Tapi sudah bisa dipake. Aku pengen nguji, sejauh mana akurasi dari hasil kalkulasi formula yang aku pasang. Kalo memang akurat aku mau terusin sampe 100% beres. Ini penjelasan singkatnya.
1.    Aspek Analisis
  • Daya pengecoh (distraktor)
  • Tingkat kesukaran butir soal
  • Daya Pembeda
  • Homogenitas butir soal/validitas
  • Reliabilitas Soal
2.    Antar Muka (interface)
Navigasi sederhana dengan tombol-tombol “link”.
3.    Pengaturan layout untuk print out bisa otomatis dan bisa manual kalo pengen lebih keren
4.    Jenis soal
  • Pilihan ganda
  • Essay/Uraian
5.    Jenis analisis
  • Analsis instrumen (butir soal)
  • Analisis Hasil Ulangan
6.    Lampiran
Penjelasan singkat tentang aspek analisis dan prosedur penghitungan.
Buat temen-temen guru, aku mohon masukannya. Silahkan unduh file ini dan sekali lagi tolong cek akurasinya. Kalo bener aku terusin bikin, tar aku hadiahkan buat rekan-rekan guru yang mau.

1 komentar :

Anonim mengatakan... 4 April 2022 pukul 20.57

>>>>> Download Now

>>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

>>>>> Download Full

>>>>> Download LINK iy

Post a Comment and Don't Spam!

Silahkan Tinggalkan Komentar Untuk Kemajuan Blog Ini