Untuk Dicoba

Cara instal sdk android emulator di pc linux ubuntu dan Windows

Share on :


Cara instal sdk android emulator di pc linux ubuntu dan Windows - Sebenarnya saya hanya ingin memberikan sedikit tutorial atau cara install sdk android di pc atau laptop dengan os ubuntu, tapi sekalian saja sama install sdk android emulator di pc komputer atau laptop dengan os windows seperti windows xp, windows 7, atau windows 8 karena caranya hampir sama beda-beda dikit.

Di android sdk atau sdk android sama saja, kita bisa menggunakan aplikasi whatsapp atau pun wechat di komputer dengan bantuan instalasi sdk android emulator ini, dan apabila komputer kita sudah terhubung pada internet maka android emulator sdk ini sudah bisa konek ke internet tanpa setting apapun lagi

android emulator sdk ubuntu

Cara install sdk android emulator di ubuntu :

1. Install Java atau openJDK di ubuntu anda.
Buka synaptic package manager atau ubuntu software center dan ketikan "Openjdk" tanpa tanda petik maka disana akan tersedia openJDK sesuai dengan versi ubuntu misalnya ubuntu 10.04 maka akan muncul openJDK 6 klik kanan dan mark for install. Tunggu hingga proses selesai. 

2. Download Android sdk emulator di sini. 

3. Extract Android sdk yang sudah didownload ke documents atau terserah kemana saja sesuai dengan kebutuhan :). 

4. Bukan terminal dengan cara tekan keyboard CTRL + ALT + T atau klik Applications --> Accessories --> Terminal. Ketikan sudo su dan masukan password anda. 

5. Arahkan terminal anda ke folder android sdk. Misalnya jika Android SDK berada di folder Documents maka ikuti langkah berikut : 
  • cd Documents --> cd android-sdk-linux -- > cd tools --> ./android 
  • Supaya tidak repot-repot mengetik seperti diatas lakukan seperti berikut : 
 - Buka terminal cara nya seperti pada no 4 ketikan ketikan "gedit ~/.bashrc " tanpa tanda petik dan masukan tulisan dibawah ini di bagian paling atas kemudian save.

#AndroidDev PATH
export PATH=${PATH}:/home/???/Documents/android-sdk-linux/tools
export PATH=${PATH}:/home/???/Documents/android-sdk-linux/platform-tools


- Masih diteminal ketikan perintah berikut "gedit /etc/udev/rules.d/51-android.rules" tanapa tanda petik dan masukan tulisan dibawah ini "

SUBSYSTEM=="usb", ATTRS{idVendor}=="0bb4", MODE="0666" 
SUBSYSTEM=="usb", ATTRS{idVendor}=="0502", MODE="0666" 
SUBSYSTEM=="usb", ATTRS{idVendor}=="12d1", MODE="0666" 
SUBSYSTEM=="usb", ATTRS{idVendor}=="1004", MODE="0666" 
SUBSYSTEM=="usb", ATTRS{idVendor}=="22b8", MODE="0666" 
SUBSYSTEM=="usb", ATTRS{idVendor}=="04e8", MODE="0666" 
SUBSYSTEM=="usb", ATTRS{idVendor}=="0fce", MODE="0666" 
SUBSYSTEM=="usb", ATTRS{idVendor}=="0489", MODE="0666" 
SUBSYSTEM=="usb", ATTRS{idVendor}=="18d1", SYMLINK+="android_adb", MODE="0666" SUBSYSTEM=="usb", ATTRS{idVendor}=="04e8", MODE="0666", GROUP="plugdev"

Untuk instal android sdk di root bisa di lihat dari sumbernya ubuntu comunity disini. 
Kemudian save dan reboot atau restart laptop atau komputer kamu. Sehingga pada saat kamu membuka android sdk tidak perlu harus memasuki folder android sdk. cukup dengan membuka terminal dan sudo android kemudian password dan android sdk di laptop atau pc kamu akan segera keluar

6. Buka terminal dan ketikan sudo android kemudian masukan password ubuntu kamu. 

7. Setelah android SDK emulator muncul maka pilih dan centang tools dan android file yang akan di instal seperti pada gambar dibawah ini.

android sdk emulator di ubuntu
Pada gambar diatas saya melakukan install android versi 4.2 dan kamu bisa memilih versi android yang akan diinstall seperti android ics, android honeycomb dll sesuai dengan keinginan. Pada bagian bawah yaitu folder dengan tulisan Extras centang Android support library , Google play service, Google usb driver dan sebagainya sesuaikan saja dgn kebutuhan. 

8. Klik install packages dan centang accept licensi, tunggu beberapa saat samapai penginstalan selesai. 

9. Setelah instal android sdk di PC atau laptop selesai kemudian klik tombol Tools yang berada dibagian atas kiri setelah tombol packages. 

10. Setelah mucul jendela baru pilih atau klik tombol Manage AVDS... dan klik tombol New yg ada dibagian kanan, nah disini kamu bisa memilih versi android kesukaan kamu ada yang berukuran 10 inch sampai ukuran yang kecil, pilih ukuran yang 7 inch atau yg 5 inch jika komputer atau laptop memiliki speks yang kurang supaya komputer kamu tidak terlalu nge lag atau berat. 

11. Jendela baru akan muncul jika tombol new di klik dan Masukan Nama android kamu bebas misal nya nama android nya adalah androidku, pilih android pilihan kamu sesuai dgn ukuran kesukaan. Jika ingin merubah ukuran memori internal ganti saja dari 200 ke 512 misalnya, dan isi Sd card dengan 1024 = 1GB dan klik OK. 

12. Jika sudah maka di tampilan avd akan ada menu baru yg telah dibuat yaitu androidku. Klik start untuk membuka os android nya nanti akan muncul android sesuai dengan pilihan kamu.

Untuk instal SDK android di windows cara nya sama.

1. Download dan Instal aplikasi java disini. 

2. Download Android untuk windows disini. 

3. Install android sdk di windows dan jika sudah di install buka android sdk dan lakukan cara nya seperti diatas di mulai dari no 7.


Sekian dulu tips dan trik cara instal SDK Android di Linuk dan Windows

Untuk Blog Resmi Tentang Cara instal sdk android emulator di pc linux ubuntu dan Windows 

0 komentar on Cara instal sdk android emulator di pc linux ubuntu dan Windows :

Post a Comment and Don't Spam!

Silahkan Tinggalkan Komentar Untuk Kemajuan Blog Ini